Hujan Salju

Wednesday 17 April 2013

Sehat dan Sakit


KONSEP SEHAT DAN SAKIT
                                                  
            Setiap orang ingin hidupnya selalu sehat tanpa adanya penyakit. Konsep sehat sedndiri menurut WHO adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang sempurna dan bukan sekedar tidak sakit atau tidak cacat. Sehat sendiri ada 3 hal yaitu sehat fisik, sehat mental,dan sehat sosial.
Sehat fisik diartikan kondisi badan yang serasi dengan tanda-tanda semua organ badan dalam ukuran yang sebanding dan berfungsi normal. Sedangkan sehat mental dibedakan menjadi 3 kriteria yaitu ia harus merasa puas dengan diri sendiri, ia harus dapat menyesuaikan diri dengan orang lain dalam lingkungannya, dan ia harus dapat mengendalikan dirinya sendiri dengan baik, tidak emosional. Dan sehat sosial menekankan pada kemampuan untuk hidup bersama dengan masyarakat di lingkungannya dengan penuh rasa kebersamaan. Sehat tidak dapat diartikan sebagai sesuatu yang statis menetap pada suatu kondisi, tetapi harus dipandang sebagai fenomena yang dinamis.
            Sedangkan konsep penyakit banyak mengalami perubahan. Definisi penyakit menurut Kamus Webster adalah penyakit sebagai keadaan yang tidak nyaman. Dan menurut Oxford English Dictionary, penyakit sebagai keadaan dari badan dimana fungsinya terganggu / menyimpang. Penyakit dari segi ekologi dan lingkungan, penyakit dianggap sebagai gangguan penyesuaian dari organisme tubuh manusia dengan lingkungannya (lingkungan fisik, mental, sosiokultural, dll). Mengingat lingkungan yang luas, maka penyakit tidak saja sebagai penyimpangan fisik melainkan juga penyimpangan sosial, perilaku, kultural, spiritual. Penyebab-penyebab penyakit itu sendiri dikelompokkan menjadi:
1.      Penyebab biologis : virus, bakteri, rickettsia, fungi, protozoa dan makhluk hidup lain
2.      Penyebab nutient : Prot, Karbohidrat, Lemak, Vitamin, mineral, air
3.      Penyebab kimiawi : baik yang dibentuk dalam badan manusia sendiri (penyakit DM, uremia) maupun yang berasal dari luar (allergen, logam,  gas, debu)
4.      Penyebab fisik : suhu tinggi / rendah, kelembapan, tekanan udara, radiasi, kebisingan, cahaya yang terlalu kuat / lemah
5.      Penyebab mekanik : benturan, ruda paksa, bacokan
6.      Penyebab ilmiah : proses ketuaan, haid, kehamilan, persalinan
7.      Penyebab kejiwaan : termasuk yang bersifat sosial, ekonomi, budaya, spiritual
 

No comments:

Post a Comment